RIFA.CO.ID

Just For Sharing

Tips Sederhana dan Mudah Merawat Electric Power Steering (EPS)

Tips Sederhana dan Mudah Merawat Electric Power Steering (EPS)


tiptipseru merawat electric power steering mobil AndaPower steering dirancang agar daapt meringankan putaran setir pada mobil Anda serta meningkatkan kenyamanan berkendara dan mempermudah Anda dalam mengemudikan mobil. Ada 2 jenis power steering: Tipe Pertama adalah tipe hidrolik, yang digerakan oleh dynamo listrik. Tipe kedua, umumnya terpasang di kendaraan yang diproduksi dalam 13 tahun terakhir dan telah diadopsi dengan nama Teknologi Electric Power Steering (EPS), yang dirancang demi mengutrangi beban kerja mesin, mencegah bocor dan lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan oli. Ikuti tips berikut agar kendaraan Anda yang telah dilengkapi dengan fitur EPS bisa makin maksimal penggunaannya dan lebih panjang umur pemakaiannya.

#1 Gunankan Gumuk Berkualitas Pada Motor EPS. Untuk memperhalus dan mengurangi getaran pada kerja motor EPS, gunakan gumuk kental yang tahan panas dan berkualitas tinggi untuk melumasi gigi-gigi di dalam motor tersebut. Pelumasan yang maksimal akan menghilangkan getaran pada sat motor EPS bekerja. Selain itu, cara ini juga mencegah timbulnya suara tek-tek pada sat melintasi permukaan jalan yang bergelombang. Harga gemuk tahan panas berkisar hingga Rp200 ribu, bisa Anda dapatkan di toko-toko aksesoris mobil.

#2 Hindari Melintasi Genangan Tinggi. Pada beberapa jenis EPS posisi motornya diletakkan di luar kabin atau di bawah rack setir. Perletakan di posisi tersebut membuatnya rentan terkena air, yang dapat menyebabkan kerusakan pada system EPS, jadi disarankan pada saat melintasi genangan air yang tinggi, sebaiknya lebih berhati-hati untuk menghindari biaya perbaikan yang terbilang tidak murah, bahkan dapat menguras kocek Anda hingga jutaan


#3 Hindari Modifikasi pada Electric Power Steering. Pada setiap electric motor power steering yang dirancang setiap produsen kendaraan telah disesuaikan dengan sepesifikasi dan kebutuhan pada mobil yang Anda gunakan. Jika anda melakukan modifikasi pada system EPS tersebut, seperti mengganti motor giginya atau mengubah motornya secara otomatis ini akan berimbas pada factor keamanan berkenara Anda.

#4 Perhatikan Soket EPS. Soket EPS yang sudah getas dan pecah sebaiknya dganti dengan yang baru. Jika tidka, hal ini akan memperngatuhi aliran listrik ke seluruh sistem kerja pada EPS di mobil Anda. Bahkan soket yang sudah pecah dapat menonaktifkan istem EPS tersebut dalam aktu sekejap. Dan setelah itu, putaran setir EPS And terasa berat. Jika ada kerusakan pada system kelistrikan di EPS, secara otomatis indicator EPS di intrument cluster mobil Anda akan menyala

#5 Berat dan Ringan dapat disetel. Untuk beberapa jenis kendaraan seperto BMW atau Mercedes di beberapa tipe yang diproduksi, system Electric Power Steering (EPS) dapat disetel berat-ringannya dari tombol di setir atau dapat dilakukan dari alat G-Scan untuk disesuaikan dengan gaya menyetir Anda. Pilihan dari penyetalan tersebut umumnya adalah Sport, Comfort dan Normal. Bagi yang berkendara cepat umumnya lebih menggunakan tipe sport, karena putaran setirnya lebih berat, membuat kestabilan mobil yang dikendarai lebih terasa mantap.




Source Tips Sederhana dan Mudah Merawat Electric Power Steering (EPS)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below