RIFA.CO.ID

Just For Sharing

Perayaan Hari Ibu Ternyata Berbeda-Beda di Seluruh Dunia. Ini Sejarah Di Baliknya!

Perayaan Hari Ibu Ternyata Berbeda-Beda di Seluruh Dunia. Ini Sejarah Di Baliknya!

Sebagai anak, kita tidak akan pernah bisa membalas apa yang sudah diberikan Ibu kepada kita. Sejak masih dalam kandungan, bertaruh nyawa membawa kita ke dunia, dan membesarkan kita dengan perjuangan dan air mata, rasanya satu hari spesial dalam setahun pun tidak sanggup membalas jasanya. Meskipun begitu, hari ibu adalah sebuah simbolisasi tentang penghargaan kepada perempuan paling hebat di dunia versi masing-masing anak.

Di Indonesia, 22 Desember adalah momen spesial untuk Mama. Tapi ternyata masing-masing negara punya tradisi dan tanggal sendiri untuk merayakan hari spesial ini. Untuk menyambut hari Ibu, yuk simak cerita Hari Ibu di berbagai negara ini.


1. Di Inggris, Hari Ibu disebut Mothering Sunday yang jatuh pada hari Minggu tiga minggu sebelum paskah. Hari spesial ini jadi momen anak untuk pulang dari perantauan

Keluarga berkumpul lagi di hari ibu

Keluarga berkumpul lagi di hari ibu via www.brighton.towntalk.co.uk

Di Inggris, Hari Ibu lebih dikenal sebagai Mothering Sunday. Dirayakan setiap hari Minggu tiga minggu sebelum Hari Paskah. Hari spesial ini biasanya jatuh di pertengahan Maret atau awal April. Di hari ini anak-anak pergi ke gereja terdekat dengan tempat tinggal Ibunya. Sejarah awalnya, dulu banyak anak-anak yang merantau ke kota lain untuk bekerja di usia yang sangat muda. Karena itu, Mothering Sunday menjadi momen sekali setahun saat anak-anak pulang dan keluarga berkumpul lagi. Filosofi ini masih dipegang hingga saat ini. Pada momen Mothering Sunday, para pekerja diperbolehkan libur untuk mengunjungi orang tua. Permen, cokelat, dan bunga menjadi hadiah yang akan diberikan kepada sang Ibu.

2. Di Amerika Serikat, Hari Ibu yang dirayakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Bukan sekadar penghargaan kepada Mama, tapi bentuk juga untuk mengingat momen bersejarah

Hari Ibu di Amerika

Hari Ibu di Amerika

Sejarah Hari Ibu di Amerika ini lumayan panjang. Dimulai sekitar satu abad yang lalu, seorang tokoh perempuan Ann Jarvis terinspirasi oleh penyair Julia Howe yang memproklamasikan hari ibu sebagai aksi perdamaian. Di masa perang dunia, Ann Jarvis mengajak perempuan untuk bekerja demi sanitasi yang baik. Hari ini disebutnya dengan Hari Kerja Ibu. Pemilihan hari Minggu, dikarenakan hari Minggu dianggap hari yang suci.

Perjuangan Ann Jarvis dilanjutkan oleh putrinya yaitu Anna Jarvis yang menuntut pengakuan atas Hari Ibu secara resmi. Pada setiap Minggu kedua bulan Mei, Anna Jarvis mengirimkan 500 tangkai bunga Anyelir ke gereja Ibunya untuk dibagikan kepada ibu-ibu di sana. Berawal dari Amerika, tradisi perayaan hari ibu di Minggu Kedua bulan Mei dan bunga Anyelir menjadi tradisi di banyak negara lainnya.

3. Di Spanyol, Hari Ibu dirayakan seminggu lebih awal dari Amerika. Tidak ada perayaan khusus, tapi memberi kado kecil untuk ibu itu sebuah kewajiban turun menurun

Hari Ibu di Spanyol

Hari Ibu di Spanyol via alvarez-in-cabo-verde.blogspot.co.id

Sampai tahun 1965 Spanyol memperingati hari Ibu setiap tanggal 8 Desember setiap tahunnya. Namun karena upaya pemisahan Hari Ibu dari konsepsi Gereja, tanggalnya dipindah ke hari Minggu pertama di bulan Mei. Sebenarnya Hari Ibu itu bukan hari libur. Tapi bila harinya bertepatan dengan Hari buruh atau Mayday, orang spanyol akan mengambil cuti selama seminggu penuh untuk perayaannya. Di hari ini, sang anak akan menghadiahi ibunya kartu ucapan. Ngomong-ngomong, di Spanyol untuk menyebut ‘I love you’ kepada ibu harus menggunakan ‘Te quiero’ bukan ‘Te amo’. Kalau ‘te amo’ itu untuk kekasihmu saja ya.

4. Di Meksiko, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 10 Mei. Dibanding yang lain, perayaan di Meksiko ini paling meriah karena ada pentasnya juga

anak memberikan bunga kepada ibunya di meksiko

anak memberikan bunga kepada ibunya di meksiko via www.ctpost.com

Hari Ibu atau Dia Des Las Madres sudah dilakukan sejak era pagan. 10 Mei menjadi tanggal momen penting ini. Di hari itu, semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing. Virgin adalah simbol dari Ibu. Namun baru menjadi resmi secara nasional ketika jurnalis menulis tentang pentingnya selebrasi hari ibu di tahun 1922. Pada hari yang sama, Meksiko menyedikan makanan bagi seluruh Ibu. Momen ini disebut dengan tamale dan atole. Selain memberi bunga, anak-anak juga akan memberikan hadiah. Biasanya anak yang sudah tua dan bekerja memberikan hadiah yang paling mahal.

5. Di India, Hari Ibu diperingati selama 10 hari di bulan Oktober. Mulai dari kartu ucapan hingga undangan makan menjadi bentuk perayaan

Hari ibu di india

Perayaan panjang biar tak lupa jasa-jasa ibu via www.npr.org

Ada banyak versi hari ibu di India. Ada yang merayakan seperti tradisi barat yaitu hari Minggu kedua di bulan Mei. Ada yang juga yang merayakan di tanggal 22 Desember. Namun banyak pula yang merayakan selama sepuluh hari penuh di bulan Oktober. Yang terakhir adalah tradisi umat Hindu yaitu festival Pujha Durga, sebuah penghormatan kepada Dewi Durga yang dianggap Ibu universal atau alam semesta. Selain memberi hadiah, di momen ini anak-anak juga akan memanjakan ibunya. Semua tugas ibu akan diambil alih oleh sang anak, sehingga sang ibu bisa bersantai di rumah.

6. Di Jepang, awalnya Hari Ibu diperingati setiap tanggal 6 Maret sebagai penghormatan kepada Kaisar Akihito

Bunga Anyelir jadi favorit di Jepang

Bunga Anyelir jadi favorit di Jepang via nipponya.de

Di periode Showa, hari Ibu di Jepang dirayakan pada tanggal 6 Maret sebagai penghormatan kepada Putri Mahkota Kojun, ibu dari Kaisar Akihito. Namun pada perkembangannya, Jepang mengikuti tradisi lain di dunia untuk merayakan Hari Ibu di hari Minggu kedua pada bulan Mei. Pada momen ini, harga bunga khususnya Anyelir melambung tinggi, karena anak-anak akan memberikan bunga Anyelir kepada sang Ibu. Di Jepang, bunga anyelir memang merupakan simbol dari Ibu. Selain itu, perkumpulan dan doa bersama akan digelar. Restoran-restoran pun akan penuh pengunjung yang merayakan hari spesial ini bersama keluarga.

7. Di Thailand, Hari Ibu jatuh pada tanggal 12 Agustus yang dirayakan dengan parade nasional. Perayaan ini juga berupa penghormatan kepada keluarga kerajaan

perayaan hari ibu di Thailand

Perayaan hari ibu di Thailand via www.pattayatrader.com

Diawali tahun 1970-an, perdana menteri berniat memperkenalkan keluarga kerajaan kepada rakyat. Maka dipilihlah hari kelahiran sang Ratu Thailand, Qeen Shirikit sebagai hari ibu, yaitu 12 Oktober. Selain dirayakan secara personal antara Ibu dan Anak, Hari Ibu di Thailand juga dirayakan secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Perayaaan hari ibu diawali dengan memberikan sedekah kepada rahib atau biarawan. Kemudian sang anak mengekspresikan kasih kepada Ibu dengan memberikan bunga melati yang dianggap sebagai tanda sucinya kasih ibu. By the way, selain ada hari Ibu, di Thailand ada juga hari Ayah lho. Tentu saja jika Hari Ibu diambil dari tanggal lahir ratu maka Hari Ayah diambil dari hari lahir sang raja.

8. Di Indonesia, Hari Ibu jatuh hari ini yaitu pada tanggal 22 Desember. Beragam kasih sayang ditunjukkan, meskipun hanya lewat tweet di media sosial

Hari ibu di Indonesia

Hari Ibu di Indonesia

Penetapan hari ibu di Indonesia diawali oleh Kongres Wanita ke-3 yang dilakukan di Bandung pada tanggal 22 Desember 1938. Pada masa itu pergerakan Indonesia memang sedang giat-giatnya. Jadi perempuan Indonesia juga tidak mau kalah dan menjadikan momen Hari Ibu sebagai penjaga semangat kebangkitan perempuan Indonesia agar bisa bergerak sebagaimana pria.

Tanggal ini kemudian ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan Dekrit Presiden no 316 tahun 1959, maka resmilah 22 Desember sebagai Hari Ibu nasional. Seperti yang kita ketahui, perayaan Hari Ibu di Indonesia lebih bersifat personal. Artinya tidak ada acara yang ajeg atau sudah pasti ada. Masing-masing anak mengungkapkan cintanya kepada Ibu dengan berbagai cara. Ada yang memberi hadiah, memberi kejutan, ada yang mengucapkan selamat diiringi doa, tapi ada juga yang mengucapkan selamat di media sosial.

Selain negara-negara yang sudah disebutkan, ada juga Perancis yang memilih minggu terakhir Mei sebagai momen Hari Ibu. Lalu Argentina memilih minggu ketiga di bulan Oktober, sementara Lebanon memilih hari pertama musim semi sebagai Hari Ibu.

Meskipun dirayakan di tanggal-tanggal berbeda, semangat peringatan Hari Ibu tetaplah sama. Sebuah momen pernghargaan terhadap perempuan yang sudah membawa kita ke dunia dan melakukan banyak hal untuk membuat kita bahagia. Semeriah apapun peringatan Hari Ibu, memang tak akan mampu membalas jasanya. Tapi tetap saja. Selamat Hari Ibu, Ibu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Perayaan Hari Ibu Ternyata Berbeda-Beda di Seluruh Dunia. Ini Sejarah Di Baliknya!

Incoming search terms:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below